DEFINISI PLASMA NUTFAH


Definisi Plasma Nutfah adalah masa organisme di dalamnya termasuk flora dan fauna yang masih membawa sifat sifat genetik asli. Plasma Nutfah merupakan substansi yang mengatur perilaku kehidupan secara turun termurun, sehingga populasinya mempunyai sifat yang membedakan dari populasi yang lainnya. Perbedaan yang terjadi itu dapat dinyatakan, misalnya dalam ketahanan terhadap penyakit, bentuk fisik, daya adaptasi terhadap lingkungannya dan sebagainya.

Sedangkan menurut Kamus Pertanian adalah substansi sebagai sumber sifat keturunan yang terdapat di dalam setiap kelompok organisme yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan atau dirakit agar tercipta suatu jenis unggul atau kultivar baru.

Dari Pengertian dan Definisi tersebut dapat dilihat bahwa negara Indonesia memiliki plasma nutfah yang sangat besar, keanekaragaman jenis yang besar. Luasnya daerah wilayah penyebaran spesies, menyebabkan spesies-spesies tersebut menjadikan keanekaragaman plasma nutfah cukup tinggi. Masing-masing lokasi dengan spesies-spesies yang khas karena terbentuk dari lingkungan yang spesifik.

Keberadaan beberapa plasma nutfah menjadi rawan dan langka, bahkan ada yang telah punah akibat perubahan besar dalam penggunaan sumber daya hayati dan penggunaan lahan sebagai habitatnya. Semua ini disebabkan oleh perbuatan manusia. Kebijakan pembangunan yang kurang memperhatikan kelestarian lingkungan pun turut berperan dalam proses kepunahan plasma nutfah tersebut.

Peraturan pemerintah yang fleksibel dan terkait dengan kelembagaan perlu dibuat sehingga operasional tidak terkotak-kotak pada berbagai induk organisasi yang berbeda, padahal materi yang diatur adalah sama. Sudah lebih kurang dua tahun terakhir isu bioteknologi mencuat dalam perdebatan pro dan kontra di kalangan akademisi, media masa, maupun masyarakat pengguna. Marilah kita memandang ke depan dengan hati nurani yang tulus untuk menyusun rambu-rambu pengamanan hayati. Ini demi kesejahteraan rakyat Indonesia, serta demi kelangsungan daya dukung kehidupan alam Indonesia sebagai modal dasar pembangunan semesta.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *