VIDEO BARONGSAI TERJATUH SAAT PERTUNJUKAN


Barongsai menurut Kamus Bahasa Indonesia adalah barongan Cina yg biasa dipertunjukkan pd tahun baru Imlek. Tarian Barongsai merupakan tarian singa yang terdiri dari dua jenis utama yakni Singa Utara yang memiliki surai ikal dan berkaki empat. Penampilan Singa Utara kelihatan lebih natural dan mirip singa ketimbang Singa Selatan yang memiliki sisik serta jumlah kaki yang bervariasi antara dua atau empat. Kepala Singa Selatan dilengkapi dengan tanduk sehingga kadangkala mirip dengan binatang ‘Kilin’.

Tarian Singa Utara dan Singa Selatan juga berbeda. Bila Singa Selatan terkenal dengan gerakan kepalanya yang keras dan melonjak-lonjak seiring dengan tabuhan gong dan tambur, gerakan Singa Utara cenderung lebih lincah dan penuh dinamika karena memiliki empat kaki.

BARAONGSAI

Banyak cara untuk memainkan barongsai, namun masing-masing mengikuti pola dasar yang sama. Delapan elemen dasar dalam barongsai adalah : Tidur, Membuka, Bermain, Pencarian, Berkelahi, Makan, Penutup, dan Tidur. Tarian dapat diperpanjang, atau mungkin keluar dari kebiasaan bermain. Tarian singa juga diiringi oleh musik besar berupa drum, gong dan gembrengan, Pada acara seremoni sering ditambahi dengan bunyi petasan.

 

BARAONGSAI-2

Satu gerakan utama dari tarian Barongsai adalah gerakan singa memakan amplop berisi uang yang disebut dengan istilah ‘Lay See’. Di atas amplop tersebut biasanya ditempeli dengan sayuran selada air “Chai Chin”, yang melambangkan hadiah bagi sang Singa. Proses memakan ‘Lay See’ ini berlangsung sekitar separuh bagian dari seluruh tarian Singa.

 

Para pemain tarian Barongsai harus memiliki keahlian khusus, untuk bisa melompat-lompat di atas tonggak. Namun ada pepatah mengatakan bahwa “Sepandai-pandai Tupai melompat pasti akan jatuh juga”. Hal ini bisa terjadi juga pada tarian Barongsai, kadang mereka terjatuh saat melakukan atraksi melompat-lompat. Kejadian ini bisa menyebabkan kecelakaan serius bila tidak ada pengaman yang disediakan.

Ada beberapa Barongsai yang terjatuh saat melakukan gerakan-gerakan yang sulit, sehingga perlu dilakukan dengan hati-hati dan latihan yang rutin.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *